Sejarah Komputer
Sejarah komputer mencakup perangkat keras, arsitekturnya, dan pengaruhnya terhadap perangkat lunak.

Pengertian Komputer
menurut nenek moyang komputer adalah alat untuk di banting ke lantai sampai hancur hingga berkeping - berkeping dan nenek moyang menggunakan untuk membuat bahan makanan . Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Manfaat Media Info


Tanya:
Saya orang tua siswa SD. Saya membelikan laptop untuk menunjang kemampuan belajarnya. Anak saya juga suka main internet. Tolong kami dibantu saran pengasuh, apa yang harus kami lakukan agar anak benar-benar bisa secara positif memanfaatkan laptop dan internet.


Jawab :
Saya menghargai dan mendukung usaha baik Bapak membelikan laptop untuk putranya. Sebab, upaya itu merupakan bagian dari keinginan mengenalkan dan menumbuhkan kemampuan menggunakan IT sejak dini.

Saat ini sudah bukan saatnya mempertentangkan pendapat pro-kontra tentang penggunaan komputer sebagai alat bantu belajar. Kemajuan tidak mungkin terbendung. Segala sisi kehidupan perlahan tapi pasti akan dijamah komputer.

Yang terpenting adalah bagaimana kita memanfaatkan IT untuk hal-hal positif. Khususnya bagi anak-anak kita. Menurut Bambang Yuwono (2003), penggunaan komputer bagi anak kita bisa memunculkan berbagai dampak positif. Di antaranya, mendorong anak lebih senang belajar, menghilangkan kebosanan, menghilangkan stres, memudahkan anak menangkap konsep-konsep yang sulit, meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan kreativitas, serta membuat anak jadi lebih produktif.

Kuncinya adalah perlu pendampingan keluarga untuk mengoptimalkan komputer sebagai media belajar. Pendampingan keluarga sekaligus akan meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan putra-putri dan seluruh keluarga. Pada gilirannya, anak akan siap menyambut masa depannya karena terbiasa menggunakan hasil teknologi canggih.

Berikut beberapa tip yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan komputer dalam mendukung belajar anak:

Letakkan komputer di rumah pada tempat strategis, sehingga bisa menjadi salah satu pusat kegiatan keluarga, seperti halnya televisi. Penempatan di tempat lebih umum akan mengurangi kemungkinan anak memanfaatkan komputer untuk mencari informasi atau kegiatan yang tidak produktif. Misalnya, sekadar main game atau mengakses situs dewasa.

Jangan menyediakan komputer dan membelikan berbagai software bagi anak Anda hanya sebagai penebus rasa bersalah karena kesibukan beraktivitas. Kalaupun itu menjadi alasan pertama, kini saatnya Anda ikut ambil bagian dalam mendampingi anak Anda. Jadikan acara berkomputer-ria sebagai sarana komunikasi yang positif dengan anak-anak dan keluarga.

Perlu diingat, komputer tidak menggantikan buku, piknik ke gunung, nonton museum, dan sebagainya. Namun, komputer bisa membantu menyelesaikan berbagai masalah, membangun keterampilan, dan menggali berbagai ilmu pengetahuan.

Manfaatkan komputer untuk menanamkan nilai-nilai positif dan pembentukan sikap dalam penggunaan IT. Misalnya, disiplin mematikan komputer saat tidak digunakan. Disiplin waktu dalam menggunakan komputer, menjaga kerapian dan kebersihan, serta menjalankan perintah-perintah secara teliti dan akurat. Kejujuran karena komputer tidak pernah berbohong. Kemadirian, berani melakukan eksplorasi, dan sebagainya.

Pilihkan anak Anda software yang baik sesuai tingkat umur mereka. Buat aturan di rumah dalam penggunaan komputer. Misalnya, software pendidikan boleh digunakan setiap hari, tapi software permainan (game) hanya boleh saat libur.

Kombinasikan belajar dan bermain dengan program-program komputer yang sudah tersedia di toko agar anak Anda dapat belajar dengan penuh kegairahan dan sukacita. (paskalina.wordpress.com)



Tips Memilih Laptop


Memilih notebook yang cocok bisa menjadi aktifitas yang menakutkan. Kita akan diperhadapkan dengan pilihan yang sangat luas, dan kita bisa salah menentukan pilihan jika tidak berhati-hati dalam memilih. Berikut ini adalah panduan dasar yang akan menolong kita untuk mengambil keputusan penting ketika memilih notebook.

Hal yang paling utama
Paling utama, kita harus menentukan notebook tersebut akan kita gunakan untuk apa? Aplikasi atau program apa yang akan sering kita gunakan? Apakah akan sering kita bawa bepergian? Apakah Anda memiliki kebutuhan yang spesifik?

Panduan Umum
Anda memerlukan beberapa panduan dasar untuk memulai pencarian. Berapa nilai uang yang Anda anggarkan? Berapa ukuran layar yang Anda inginkan?

Panduan khusus
Spesifikasi notebook/laptop yang bagaimana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Haruskah saya menunggu yang lebih baik atau membeli sekarang juga?
Setelah Anda menjawab beberapa pertanyaan ini, pencarian Anda akan menjadi lebih mudah karena pilihannya menjadi lebih spesifik.

Aplikasi apa yang Anda akan gunakan?
Jika Anda memainkan games 3D atau menggunakan aplikasi 3D seperti CAD, Anda memerlukan notebook dengan VGA memory yang dedicated (non shared). Sebaliknya jika Anda tidak menggunakan aplikasi atau game 3D, maka pilihlah laptop dengan VGA memory yang terintegrasi (integrated VGA memory). Notebok dengan VGA memory terintegrasi lebih hemat battery dan lebih murah.

Apakah Anda akan sering membawanya?
Jika ya, berat dan ukuran menjadi faktor penentu untuk mengambil keputusan. Layar laptop memiliki ukuran bervariasi 15.4”, 14.1”, 13.3”, 12.1” hingga 8” dan sangat mempengaruhi beratnya. Semakin besar ukuran layar, laptop tersebut semakin berat. Laptop dengan layar 15.4” mempunyai berat sekitar 2.9 kg, 14.1” sekitar 2.3kg, 13.3” sekitar 2.1kg, 12.1” sekitar 1.9kg. Namun semakin kecil laptop, biasanya harganya akan semakin mahal pula.

Jika Anda akan sering menggunakan laptop dijalan, dimana Anda akan kesulitan mencari sumber listrik untuk mengisi baterry, pertimbangkan juga daya tahan battery.
Jika Anda tidak sering membawa notebook Anda bepergian, notebook dengan layar lebih besar bisa menjadi pilihan. Notebook dengan layar 17” biasanya dilengkapi dengan VGA yang canggih, layar resolusi tinggi dan berbagai fitur yang bagus.

Ada kebutuhan khusus?
Apakah ada kriteria atau kebutuhan yang khusus dalam Anda membeli notebook? Pastikan kebutuhan Anda terpenuhi sebelum menentukan pilihan. Apakah ada accessories atau alat tambahan yang akan Anda hubungkan ke notebook Anda? Cek apakah notebook pilihan Anda memiliki port input/output yang sesuai.

Berapa anggaran Anda?
Anggaran Anda akan menentukan beberapa hal. Sekalipun ada notebook yang ditawarkan dengan harga murah, pada intinya Anda akan mendapat sesuai dengan berapa Anda membayar. Banyak sekali penawaran laptop dari yang termurah dibawah 5 juta, hingga diatas 20 juta rupiah. Ada yang menawarkan lebih dengan harga murah dan ada juga yang sebaliknya. Mebuat notebook dengan performa yang tinggi atau menggunakan material yang berkualitas tinggi perlu biaya yang mahal dan membuat harga notebook tersebut menjadi mahal. Laptop yang ditawarkan dengan harga murah, biasanya menggunakan komponen yang lebih rendah kualitasnya.

Apa tipe layar, ukuran dan resolusinya?
Menentukan layar yang tepat adalah penting. Ini adalah bagian notebook yang paling sering Anda gunakan. Pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

LCD layar lebar, 16:9, saat ini mendominasi pasar, bersama dengan model layar glossy. Layar yang glossy lebih kelihatan terang, jelas, tajam dan kontrasnya lebih baik. Tapi juga membuat mata lebih cepat lelah jika dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Memilih ukuran yang tepat juga penting. Layar berukuran kecil, lebih cocok untuk dibawa bepergian. Layar yang besar lebih sesuai untuk pengguna yang jarang bepergian.

Resolusi layar menentukan berapa banyak isi desktop. Resolusi tinggi memberikan ruang desktop yang lebih besar, dilain pihak icon dan tulisan menjadi kelihatan lebih kecil. Namun kita masih bisa mengubah resolusi layar dan ukuran tulisan.

Processor
Intel vs. AMD?. Banyak sekali perdebatan mengenai kedua perusahaan ini. Namun sebenarnya kedua perusahaan ini adalah pembuat prosesor terbaik di dunia dan saling berlomba mengembangkan jenis prosesor terbaik. Saat ini prosesor Intel untuk notebook, memiliki teknologi lebih baik untuk menghemat battery. Tapi kebanyakan pengguna tidak akan menemui kesulitan apapun merk prosesornya. Karena tidak ada perbedaan performa yang mencolok antara keduanya. Notebook dengan prosesor AMD biasanya lebih murah harganya.

Teknologi Intel Mobile Processor terkini
• Pentium M (Dothan) – Digunakan pada noteboook yang diproduksi sekitar tahun 2004. Teknologi ini dibuat khusus untuk digunakan di notebook dan beroperasi dengan kebutuhan daya yang lebih kecil dan lebih dingin dibanding pendahulunya.
• Celeron M (Dothan and Yonah) – Prosesor single core (satu inti) yang murah, sesuai untuk menjalankan hampir semua aplikasi dasar, seperti office dan grafis. Tetapi tidak mampu mendukung aplikasi yang berat.
• Core Solo (Yonah) – Prosesor murah yang dibuat dari struktur Core Duo , tetapi hanya memiliki 1 inti CPU aktif. Core Solo menggantikan Pentium M pada tahun 2006.
• Core Duo (Yonah) – Teknologi dual-core (dua inti) pertama dari Intel. Core Duo (32-bit) membuat 2 CPU aktif pada 1 prosesor tanpa meningkatkan konsumsi daya.
• Core 2 Duo (Merom) – Versi 64-bit dari Core Duo, performanya sedikit lebih baik dari Core Duo dan bisa menjalankan Windows Vista dan aplikasi 64-bit lainnya.

Teknologi AMD’s Mobile Processors terkini
• Sempron – Prosesor 1 inti murah yang terdapat pada notebook lama. Sebagai pengganti dari Athlon. Versi terbaru sudah mendukung aplikasi 64-bit.
• Turion 64 – Prosesor 1 inti, 64-bit dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari Sempron
• Turion 64 x2 – Versi Dual Core, 64-bit dari Turion


Nvidia vs. ATI?
Ini adalah topik perdebatan yang juga populer. Keduanya memproduksi kartu grafis yang bagus. Nvidia lebih baik dalam teknologi OpenGL dan dukungan Linux. Sedangkan ATI mempunyai kemampuan lebih baik di game, anti-aliasing dan anisotropic filtering. Tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya.

Paling penting Anda mengetahui seberapa besar kebutuhan program yang Anda gunakan terhadap kartu grafis. Jika Anda menggunakan aplikasi 3D atau game yang berat, Anda akan memerlukan VGA dedicated dengan performa yang tinggi. Jika tidak, VGA Intel GMA 900/950 yang terintegrasi sudah lebih dari cukup

RAM
Dari semua komponen di notebook, jumlah RAM yang terinstall akan mempunyai efek yang paling kentara. Semakin besar RAM, semakin cepat semua aplikasi akan berjalan. Saat ini, 512MB adalah minimum, dan sangat disarankan Anda memiliki 1GB, terutama jika Anda menjalankan Windows Vista. Jika Anda banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), Anda perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke 2GB. Tidak ada perbedaan mencolok antara 533Mhz dan 667Mhz. RAM juga merupakan salah satu komponen yang paling mudah di upgrade, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Hard Drive
Berapa banyak kapasitas penyimpanan yang Anda perlukan? Apakah Anda berencana menyimpan banyak sekali file, musik, video atau foto? Jika ya, Anda memerlukan kapasitas Harddisk yang lebih besar. Tapi jika Anda memiliki dana yang terbatas, membeli harddisk external akan lebih murah dan bisa menjadi pilihan.

Optical Drive
Saat ini hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan DVD writer, yang juga bisa berfungsi sebagai CD writer, DVD reader dan CD reader.

Wireless
Wireless (tanpa kabel) adalah segala sesuatu yang sifatnya berhubungan dengan komputer, fungsi wireless adalah "menghubungkan". Saat ini semua laptop juga sudah dilengkapi dengan teknologi wireless. Kebanyakan notebook sudah dilengkapi dengan Intel PROSET 3945 802.11 a/b/g Wireless card.

Battery
Jika Anda berencana sering menggunakan laptop Anda tanpa menancapkan kabel charger ke listrik, Anda memerlukan kapasitas battery yang cukup. Saat ini rata-rata battery notebook mampu bertahan sekitar 2-3 jam.

Bagaimana memilih Garansi?
Beberapa vendor notebook sudah menawarkan perpanjangan masa garansi dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan notebook untuk jangka panjang, tidak ada salahnya mempertimbangkan membeli perpanjangan garansi dengan harga yang berkisar antara 5-10% harga notebook.

Beli sekarang atau tunggu?
Teknologi laptop atau notebook berubah secara kontinu. Selalu akan ada teknologi yang lebih cepat atau lebih baru. Dan ini tidak bisa dihindari. Jadi ketika Anda memerlukan laptop atau notebook saat ini, pastikan bahwa teknologi yang ada cukup mampu untuk memenuhi keperluan Anda.
(forum.anugrahpratama.com)


Komputer jinjing
Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.

Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Acer (perusahaan)
Acer Incorporated


Jenis
Publik
(LSE: ACID, Templat:TSE)

Industri
Perangkat keras komputer

Didirikan 1976
Pendiri
Stan Shih et al.

Kantor pusat Taipei, Taiwan

Tokoh penting J.T. Wang, Chairman & CEO of Acer Group
Gianfranco Lanci, CEO of Acer[1]

Produk
Desktops, Laptop, Netbook, Servers, IT Services, Handhelds, Monitors, LCD TVs, Video projektors, Kamera Digital

Pendapatan
US$19 billion (2008)

Laba bersih
US$338 million (2006)

Karyawan
6.554 (2005)
Anak perusahaan
Acer Computer Australia
Acer India
Acer America Corporation
Gateway, Inc.
Packard Bell
eMachines
E-TEN

Situs web
www.acer.com

Acer merupakan sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lain adalah desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi e-bisnis untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi. Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada 1976, yang kemudian dinamakan Acer pada 1987. Grup pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100 negara. Pendapatannya pada 2002 adalah US$12,9 milyar. Kantor pusatnya terletak di Kota Sijhih, Taipei County, Taiwan. Pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot dalam beberapa tahun terakhir sementara pasar Eropanya terus meningkat. Kesuksesannya di Eropa sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1 Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

Produsen dan merek
A*Note
Acer: TravelMate, Aspire, Ferrari, Extensa, Alienware, Area 51m, Sentia, Aurora M
Apple: MacBook, MacBook Pro, Macbook Air
ASUS
Averatec
Axioo: Centaur, Neon
BenQ: Joybook
BYON
Compaq: EVO, Armada, LTE, Presario
Dell: Inspiron, Latitude, Precision, Vostro
Dialogue: Flybook berfitur ponsel GSM dan 3G
Elitegroup Computer Systems
Falcon Northwest
Fujitsu Siemens: Lifebook, Amilo
Gericom
HCL
Hewlett-Packard: HP Pavilion, HP Omnibook
Hypersonic
ION: Portiva
iQon: Qompanion
iBuyPower
Lenovo: 3000, ThinkPad
LG Electronics: XNOTE
LinuxCertified
Medion
MSI: MegaBook
Mitsubishi
Mugen: Marve
NEC Corporation: VERSA, LaVie
Overam: Mirage
Packard Bell: EasyNote
Panasonic: Toughbook
ProStar
Relion: Enduro
Rock Direct
Sager Midern
Samsung: Sens
Sharp Corporation: Mebius
Sony: VAIO
Tadpole: SPARCbook
Toshiba: Dynabook, Equium, Portege, Tecra, Satellite, Qosmio, Libretto
Vestel
Voodoo PC:Envy
Wearnes: Boldline, Quadra
Winbook
Zyrex: Cruiser